Green Canyon (Cukang Taneuh)


GREEN CANYON (CUKANG TANEUH)

Green Canyon atau Cukang Taneuh adalah salah satu tempat wisata yang dekat dengan pantai pangandaran dengan jarak kurang lebih 30 km dan waktu tempuh 1 jam perjalanan. Jika di Amerika ada Grand Canyon, kita di Indonesia ada Green Canyon, ya agak-agak mirip lah. Kemiripannya adalah sama-sama bergreen canyonbentuk sungai yang kiri-kanannya di apit oleh bebatuan dan tebing.

Wisata Green Canyon banyak dikunjungi oleh wisatawan dari jakarta, bandung dan sekitarnya, mereka ingin melihat keunikan sungai tersebut dan melakukan body rafting. Apa itu Body Rafting ? Body Rafting adalah olahraga yang mirip dengan rafting bedanya adalah, kita menggunakan badan kita untuk mengarungi sungai, sedangkan rafting kita menggunakan perahu.

Green Canyon atau warga sekitar kerap juga menyebut dengan Cukang Taneuh yang berada di Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Jika Anda berangkat dari Jakarta, jalur terbaik menggunakan mobil adalah lewat Bandung menuju Tasikmalaya. Dari Tasik, ada dua jalur yang bisa ditempuh, yaitu melalui jalur timur melewati Kota Tasik, Ciamis, Kota Banjar, Pangandaran, Parigi lalu Cijulang. Jalur ini memiliki jarak kurang lebih 170 km. Jalur kedua adalah jalur selatan melewati Kota Tasik, Cipatujah, Cikalong, Cimanuk lalu Cijulang, dengan jarak kurang lebih 60 km.

Jika di Amerika ada Grand Canyon, kita di Indonesia ada Green Canyonya agak-agak mirip lah. Kemiripannya adalah sama-body rafting green canyonsama berbentuk sungai yang kiri-kanannya di apit oleh bebatuan dan tebing.Wisata Green Canyon banyak dikunjungi oleh wisatawan asing dan juga wisatawan dari jakarta, bandung dan sekitarnya, mereka ingin melihat keunikan sungai tersebut yang teruama adalah pemandangan yang begitu bagus mulai dari goa, stalaktit, stalagni, tebing tebing yg tinggi yang di hiasi dengan batu stalaktit dan stalagni yang lebih indahnya lagi kita berwisata di Green Canyon dengan menaiki perahu dengan kapasitas maximal 5 orang sejauh 3 KM dan kita juga bisa melakukan melakukan “Body Rafting”

Body Rafting merupakan wahana paforit pemicu adrenalin yang ada di green canyon (cukang taneuh) yang didukung oleh 5 operator yg sah : xali xali body rafting, janggala body rafting, guha bau body rafting, baraja body rafting dan kisunda body rafting

Dimulai dari tracking di hutan dan membelah semak belukar, kita menuju ke lokasi start body rafting, yaitu di depan goa kelelawar. Dari sini baru ngerasain kalau bau kotoran kelelawar itu nusuk banget, mending jg bau tai kebo dah!

 Dari posisi start 3ini, arusnya masih terbilang tenang. Kita bisa mulai nyebur ke sungai dan mulai beradaptasi dengan arus sungai. Sehabis nyebur, mencoba mengambang dengan tenang dengan kepala menghadap ke atas, dan…… “hening sambil menelan ludah” pemandangan langit biru dengan frame daun-daunan hijau di kanan kiri bikin speechless, kereeeeen banget!!

Selanjutnya kita akan terus mengikuti arus sungai. Kita akan dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil terdiri dari 5 orang (plus 1 pemandu) untuk membuat “barisan” di sungai yang nantinya akan bareng-bareng “menghadapi” jeram yang ada.

Ada beberapa saat di mana arus sangat kuat atau misal banyak batu-batu besar, kita akan keluar dari sungai dan berjalan menuju lokasi yang sekiranya dianggap aman. Saat menuju ke lokasi-lokasi lain inilah kadang kita membutuhkan sedikit usaha seperti naik-turun tebing.

Atraksi lain disamping menghanyutkan badan ada juga di mana kita harus melompat ke sungai berarus dan berenang menuju point tertentu biar gak kebawa arus, salah jalur resikonya kepentok batu dan serahkan pada nasib…”hehe.. lebay”

Pemandangan alam di Green Canyon juga terasa asyik sekali. Batu-batuan besar dengan bentuk-bentuk alaminya di mana ada beberapa spot yang masih banyak air gunung mengalir atau menetes layaknya hujan di sana. Airnya seger lho… kata pemandunya sih airnya malah lebih sehat dari air mineral kebanyakan. Entah bener apa gak, yang jelas saya minum lumayan banyak dan sehat-sehat aja koq…

Ada juga atraksi terjun bebas dari ketinggian, mungkin setinggi 5-7 meteran di atas permukaan sungai. Kalau dilihat dari jauh, kayanya kok gak terlalu tinggi, tapi begitu dari atas batu, baru deh nyadar kalo ternyata posisi itu lumayan mompa jantung juga.

Untuk yang lompat terjun bebas ini tidak “harus”, bagi yang nggak mau terjun bisa lewat bawah. Kalau saya mah tetep merekomendasikan sih… “Try it!!”4

Tantangan terjun bebas ini menjadi pamungkas proses body rafting yang ditempuh hampir 4 jam bahkan bisa lebih. Di lokasi finish, istirahat dan selanjutnya menuju dermaga dengan menggunakan kapal wisata menuju dermaga satu Green Canyon.

Semoga bermanfaat dan selamat berlibur di destinasi yang ada di kabupaten Pangandaran, Kami siap membantu dan melancarkan liburan anda dengan Paket-paket wisata yang ada disinih dan ada juga paket semi body rafting

Untuk Melihat PHOTO-PHOTO KEGIATAN TOUR DISINIH

Info Lanjut Silahkan hub Kami :
WA, Call, Line : 081221295111
mobile              : 085724213000
BBM                 : 5E238EF9
email                : operator@greencanyon.co.id